Mancing di Prahu, Pantai Caringin Pandeglang

Mancing di Pantai Caringin Pandeglang

Sore Pukul 18:00 wib ,kami 5 orang berangkat dari Jakarta menuju Pandeglang, kami mengendarai mobil luxio. Rencana kami mau mancing di Pulau Tunda. Kondisi jalan ramai lancar, biasalah week end pasti padet kek gini. Sebelum masuk tol kami mampir dulu ke super market, belanja makanan ringan lah sama minuman, lumayan jauh soalnya, jadi persiapan buat di mobil. Setelah semua beres kami kembali pacu kendaraan menuju rumah tukang prahu.

4 jam kemudian kami sampai dirumah kang prahu, dan disuruh masuk ke rumah kang prahu. Kang prahu memohon maaf, kalau prahu yang kami pesan sudah penuh alias tidak ada prahu lagi, padahal kami udah DP jauh-jauh hari loh. Kang prahu menjelaskan bla bla bla…. Hingga terjadi ketegangan diantara kami, kami kecewa, sangat kecewa karena kang prahu tidak menghargai kepercayaan kami. Akhirnya kami menerima hal tersebut, dan berhubung kami sudah jauh-jauh kesini, kami memutuskan untuk ke Pantai Caringin, menurut informasi dipantai tersebut ada prahu nelayan yang siap mengantarkan kita mancing ke tengah. Tanpa buang-buang waktu kami menuju ke pantai tersebut. Sampailah kami dipantai tersebut pukul 02:00 pagi.

Teman kami 2 orang turun untuk mencari nelayan, kami pun tidur,hahahahaha maklum lah memanfaatkan kesempatan. Rupanya prahunya adanya pagi hampir siang jam 7 baru berangkat, wah kacau nih, biasanya kalau dilaut jakarta jam 6 pagi tuh uda mancing, ini jam 7 baru jalan. Tapi ga apalah daripada balik jakarta kan sayang banget. Kami pun tidur sampe jam 5:30, bangun terus merapat kewarung, sholat subuh, terus pesen kopi sembari nunggu gorengan mateng. Sambil nanya-nanya dimana beli udang hidup. Setelah kami dapat informasi dimana beli udang hidupnya, kami meminta anak muda,anaknya yang punya warung untuk mengantarkan beli udang. Sambil menunggu beli udang kami sarapan bergantian, nelayan pun telah mempersiapkan prahunya.

Teman kami udah datang, nelayan pun sudah siap, perbekalan juga sudah siap, kami pun berangkat mancing dengan prahu yang menurut saya kecil. Kami ragu, apakah ini akan ketengah ? Salah satu teman kami pun nanya, dimana spot mancing nya , tenyata spot mancing nya ga terlalu jauh dari bibir pantai. Ya sekitar 3-5 km dari pinggir. Kami pun lega, ternyata deket, kalo jauh sampai ketengah kami khawatir akan oleng terhantem ombak.

Juragan Empang Main ke Laut

Sampailah kami di Spot pertama, kami turunkan joran kami masing-masing. Sambaran pertama diperoleh, ikan kerapuh 3 jarian, selanjutnya disusul lagi sambaran demi sambaran, kali ini ikan tompel ukuran 5 jari. Setelah ini sambaran terus menyerbu banyak yang naik, banyak juga yang moncel, tapi ikan yang kami dapet, kecil ukurannya, 5 jarian kebawah. Memang sih strike terus tapi belum dapet yang babon nih. Kami meminta nelayan untuk pindah spot. Setelah pindah kami turunkan lagi joran, masih sama ikan yang menyambar masih ikan 5 jarian. Tak lama kemudian nelayan sepertinya mendapat sambaran ikan besar, dimainkannya perlahan demi perlahan, dan akhitrnya ikan berhasil diamankan, ikan alu-alu atau barracuda panjang sekitar 60 cm.
Sibuk Strike Ikan

Hari semakin siang, cuaca sangat terik, memaksa kami harus bersembunyi dibawah terpal biru khas prahu nelayan. Setelah pukul 11 siang sambaran ikan mulai berkurang, kami pun memutuskan untuk istirahat sejenak, makan siang sama ngopi-ngopi dulu lah. Yang pengen tidur ya tidur dulu biar ngantuknya ilang. Sejam kemudian salah satu joran disambar ikan, saya yang dekat langsung mengambil joran tersebut, dan dengan yakin saya gulung senarnya. Wuih ikanya gede nih, nglawan soalnya, bahkan drag reel sampai bunyi ring alias ngekrik. Saat nya fight dengan ikan, pompa terus, sampai ikan lemes, dan naiklah ikan ke prahu, ternyata ikan kue dengan ukuran sedang,lumayan buat lauk makan malam.
Setelah sambaran ikan kue, tidak ada sambaran lagi, akhirnya kami pindah spot, agak geser lagi ke samping pulau kecil. Disini kami langsung dapat sambaran ikan kerapuh, sambaran demi sambaran terus menyusul membuat joran kami sibuk masing-masing, satu persatu ikan kerapuh dan ikan karang lainnya naik ke prahu. Sampai akhirnya umpan kita tinggal sedikit lagi, nelayan pun menyuruh kami agar memakai umpan udang kupas dan di potong agar hemat umpan. Betul saja walaupun pakai udang kupas ikan masih galak, lempar langsung dapet, bahkan saya sering double strike. Mantap sekali spot ini, pesta strike guys.

Tepat pukul 15:30 kami kehabisan umpan, kami kembali ke tepi. Tak lama kemudian, sampailah kami ditepi dan membayar kang prahu alias nelayan sebanyak 500 ribu. Murah banget menurut kami, seharian cuman 500 ribu. Kami pun kmbali kewarung untuk makan, mandi, ganti baju, dan bersiap-siap kembali ke jakarta. Ikan yang kami dapat kisaran 15 kg, memang sih ga banyak, tapi karna didominasi oleh ikan kecil 5 jarian kebawah, kami capek strikenya. Setelah semua beres, kami pulang ke jakarta dengan senang dan lelah.